Filter merupakan alat tambahan yang dipasangkan di bagian depan lensa, baik yang berbentuk bundar yang bisa langsung dipasangkan pada lensa.

Atau yang berbentuk persegi empat yang dipasang dengan bantuan holder di depan lensa.

Meski tanpa filter kalian dapat memotret dengan cukup baik, namun penggunaan filter dapat menambah efek khusus yang membuat foto lebih dramatis

Baca Juga : Jenis-jenis Lensa Kamera untuk Fotografi Landscape

Berikut ini adalah jenis-jenis filter yang umum digunakan para fotografer yang wajib diketahui oleh para pemula :

1. Filter UV

hasil filter uv

Fungsi utama filter UV adalah untuk mengurangi efek ultra violet dari sinar matahari dan sebagai pelindung lensa dari kontak langsung dengan debu atau sentuhan jari tangan.

Filter ini juga berfungsi sebagai pelindung dari benturan kecil atau gesekan benda keras yang dapat mengakibatkan kerusakan pada permukaan lensa.

2. Filter CPL (Cilcular Polarizing Filter)

hasil filter cpl

Filter CPL terdiri dari 2 (dua) lapisan. Untuk mendapatkan efeknya adalah dengan memutar bagian depan dari filter tersebut.

Fungsi utama dari filter ini adalah menambahkan kepekatan warna, menambahkan kontras, serta mengurangi efek refleksi pada saat kalian memotret permukaan air atau dari balik jendela.

Bagi para fotografer yang menyukai pemotretan landscape, filter ini sangat berguna dan bisa dibilang filter wajib yang harus dimiliki fotografer.

3. Filter ND (Neutral Density)

hasil lensa nd

Filter ND adalah filter yang digunakan untuk membatasi atau mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke sensor kamera.

Sehingga berpengaruh pada speed kamera yang akan turun beberapa stop tergantung dengan tingkat kegelapan filter ND tersebut.

Filter ND memiliki beberapa tingkatan kegelapan yang ditunjukkan oleh angka pada filter. Makin tinggi angkanya, makin gelap filter itu.

Umumnya fotografer membawa beberapa jenis filter ND yang dapat mengurangi cahaya 4 sampai 8 stop. Bila ingin membuat sungai yang mengalir selembut kapas, kalian perlu memakai filter jenis ini.

4. Filter GND (Gradual Neutral Density)

hasil filter gnd

Filter GND sekilas hampir sama dengan filter ND biasa yang mampu mengurangi cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera.

Hanya saja, filter GND tidak seluruh permukaannya gelap seperti filter ND melainkan gradual atau bertingkat dari gelap ke terang.

Filter ini digunakan untuk menyeimbangkan antara kecerahan langit dengan permukaan bumi agar mendapatkan pencahayaan yang serasi.

Karena kadang-kadang bila tanpa filter ini, saat kalian ingin mendapatkan langit yang cerah, daratan di bawahnya malah menjadi under exposure. Begitupun sebaliknya.

Demikian informasi tentang berbagai jenis filter lensa yang wajib diketahui oleh fotografer pemula.

Jenis Filter Lensa Kamera yang Wajib Diketahui Fotografer Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *